(Praktik) Model Pembelajaran :”JIGSAW”

Posted on

Metode Pembelajaran : JIGSAW ( Model Tim Ahli)

Matpel Pend.Kewarganegaraan Kelas XII

by : Kusdiyono

Langkah – langkah :

1. Peserta didik dikelompokkan ke dalam ± 5 anggota tim

2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda (materi terlampir di bawah)

3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan (ada di buku/modul siswa)

4. Setiap anggota mendiskusikan materi yang telah didapat dalam kelompoknya

5. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab/sub kompetensi yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok “ahli”) untuk mendiskusikan sub kompetensi mereka

6. Setelah selesai berdiskusi sebagai tim “ahli” tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menjelaskan kepada teman mereka tentang sub bab/sub kompetensi yang mereka kuasai, dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh – sungguh

7. Tiap tim “ahli” mempresentasikan hasil diskusi (disertai tanya jawab)

8. Guru memberikan evaluasi (ataupun materi)

9. Penutup

Standar Kompetensi :

2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan

Kompetensi Dasar :

2.1. Menganalisis sistem pemerinta-han di berbagai negara.

2.2. Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan negara Indonesia.

2.3. Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain.

Indikator

 Menjelaskan pengertian pemerintahan.

 Menguraikan berbagai bentuk pemerintahan.

 Mendeskripsikan berbagai sistem pemerintahan.

 Menganalisis sistem pemerintahan di beberapa negara.

Guntingan kata/kalimat untuk diskusi berdasarkan Indikator di atas (untuk pembagian kelompok) :

1. Sistem dan Bentuk Pemerintahan

2. Ciri sistem pemerintahan parlementer

3. Ciri sistem pemerintahan presidensiil

4. Sistem pemerintahan di Amerika Serikat

5. Sistem pemerintahan di Inggris

About these ads

3 thoughts on “(Praktik) Model Pembelajaran :”JIGSAW”

    olivia said:
    15 February 2012 at 12:16

    apa kelemahan dari metode jidsaw ini?

    kusdiyono said:
    16 February 2012 at 12:16

    @olivia : waktu dan pengawasan utk kelas yg besar

    darsiti said:
    27 February 2013 at 12:16

    Lumayan teorinya, bisa menambah wawasan guru ttg metode pembelajaran. tulis lebih banyak lagi ya Pak, trus share-kan dengan teman-tewman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s