Akreditasi dan ISO, penting mana ?

Saat ini sekolah seolah berlomba untuk mendapatkan ISO, terutama ISO 9001:2000 tentang Sistem Manajemen Mutu. Semua komponen sekolah berusaha sekuat tenaga agar lolos dan lulus ISO. Setelah dapat sekolah dengan bangganya mencantumkan “sudah ISO 9001:2000. Kenyataan di lapangan, masyarakat masih banyak yang tidak tahu dan bahkan cenderung tidak mau tahu sudah ISO atau belum. Masyarakat hanya tahu bahwa sekolah sudah terakreditasi A, B atau C. Lulusan bagus, banyak yang kuliah atau banyak yang diterima kerja di dunia usaha / dunia industri. Akreditasi masa berlakunya lebih lama, biaya lebih sedikit dibandingkan dengan ISO.

Jadi lebih penting mana ISO atau Akreditasi ?

 

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

6 Responses to Akreditasi dan ISO, penting mana ?

  1. agusampurno says:

    Saya rasa dari sebuah sekolah yang layak di ISO kan adalah sistem administrasinya pak, bagiamana sekolah mengelola cash flow serta pelayanan nya kepada orang tua.

    Tetapi untuk pembelajaran serta bagaimana guru mengelola kurikulum serta bagaimana kepala sekolah melakukan tugas kepemimpinan nya adalah dengan melalui akreditasi.

    Sekarang tinggal bagiamana kita memperlakukan akreditasi sebagai wahana peningkatan diri terlepas dari serius dan tidak seriusnya sang assessor melihat bukti di lapangan.

    blog nya mantaff pak..
    salam kenal

  2. heney says:

    artikel yg ok

  3. mertayasa says:

    menurut saya keduanya penting, karena dengan akreditasi yang bagus atau ISO yang terpenuhi, maka dimata masyarakat secara administrasi adalah bagus. Tetapi lebih penting lagi, menurut saya bagaimana kita bisa menjadikan suatu lulusan sekolah bisa diterima di sekolah yang jenjangnya lebih tinggi, atau diterima di dunia kerja sehingga masyarakat Indonesia menjadi lebih maju.

  4. Redy ku says:

    international sertifikat organitation (ISO), adalah sebuah sertifikat yang menjadikan suatu barang atau pun jasa menjadi diakui oleh dunia, dan sekarang sekolah pun sudah banyak mempunyai sertifikat iso. dan saya bangga karna sekolah saya sudah iso tapi di sisilain saya stress karna saya pusing memikirkan peraturan yang sangat ketat sekali.

  5. ISO dan Akreditasi Sekolah dua hal yg berbeda, beda tujuan dan cara pandang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s