NgiDAm “TaUto”

soto.jpgKarena mau legalisir ijasah SD, SMP dan SGO saya harus pulang ke Pekalongan dan Tegal. Semua berkas sudah habis, apalagi SGO yang sudah tidak ada almamaternya. Sekalian pulang ternyata istri “ngidam”, sms minta dibawain soto khas Pekalongan, atau yang lebih dikenal dengan nama “tauto”. Wah…gimana bawanya ke Jakarta (maklum, makanan ini susah ditemukan di ibukota). Akhirnya malam minggu saya meluncur ke warung soto langganan. Persisnya di depan (area parkir) pasar Comal, Kabupaten Pemalang (Jateng). Namanya soto Pak Darji. Banyak pelanggan yang datang. Setiap malam tidak pernah sepi, buka hanya jam 17.00 ampe jam 23.00 WIB. Yang membedakan soto (ayam) Pak Darji dengan soto daerah lain adalah “tauco” dan “tulang/ceker” yang digoreng garing sehingga terasa “kriuk-kriuk” di mulut saat dimakan. Soto bertauco hanya ada di daerah Pekalongan dan Pemalang. Kalau campurannya daging “kebo” maka disebut “tauto” (sekarang sudah banyak yang daging sapi). Soto ini biasanya dimakan dengan lontong (ada pula yang nasi). Pasangan yang tersedia di meja biasanya : tempe keripik, peyek, tempe/ tahu goreng tepung dan emping. soto1.jpgSetelah selesai, minum teh manis panas atau air jeruk. Waaahhh….nikmat tenan, tak terasa 3 porsi sudah saya lahap (lapar apa doyan ???). Akhirnya saya ceritain sama ibu yang melayani bahwa saya minta dibungkus 3 porsi untuk dibawa esok hari ke Jakarta dan nyampe sore (agar tidak basi). Sang ibu paham, lalu dibuatkan 3 porsi.

Sungguh nikmat menyantap makanan kesukaan yang  di Jakarta susah menemukaannya. Hati-hati bagi  yang memiliki darah tinggi (karena tauco tadi). Harga seporsi murah Cuma 5000 rupiah. Mau coba? Mampir aja ke alamat tadi, jika pas malam lewat daerah tersebut, hanya 1 km dari pertigaan Blandong/Comal.

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to NgiDAm “TaUto”

  1. retna says:

    Kayanya eeenakkkkk…….
    Tapi… sebetulnya aq ga suka tauco.
    Gimana dong…. bisa ga kalau ga usah pk tauco????
    Nanti namanya beda ya… bukan tauto lagi.
    Tapi untuk wisata kuliner kayanya boleh juga dicoba…..:)
    Btw … Slamet ya mau dapet baby lagi. Smoga jagoan ya….
    n Slamet juga untuk blog nya yang tambah OK…. Bravo….

  2. Smg lulus dan segera jadi PNS, GBU

  3. kusdiyono says:

    Amiiin. Trims Pak Dedi atas do’anya…

  4. wah kebetulan banget ya pak,,,
    selain kita sama-sama gemar tauto..
    kampung kita sama loh,,
    kalo mnurut kiki siiih mendingan kalo lagi ngidam gitu mendingan minta bikinin aja pak sama istrinya kan lebih nikmat tuh rasanya
    kalo kiki sih gampang aja kalo mau makan tauto. tinggal duduk manis di rumah saudara kiki yang kebetulan buka warteg+bikin tauto pula lagi..
    hee…..

  5. kori says:

    Memang ♏ɑ̈π†ɑ̈ɑ̈ɑ̈p sotonya p’ darji , stiap pulang kejawa sy pasti sempatkan mkn ϑΐ kedainy p’ darji.. Rasany legit taucony bikin ketagihan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s