Menyikapi peluang, DETIK YANG BERARTI

Anda pernah mendapat peluang dan harus melengkapi berbagai persayaratan dalam hitungan hari atau jam, bagaimana sikap Anda?

“Maaf, Saya tak mungkin selesaikan itu semua, mengurus berkas tak cukup waktu singkat”
“Saya sibuk, dan tak berminat”
“Saya punya tanggungan keluarga, bagaimana jika haruis pergi dalam waktu lama”
dan berjuata ina-inu benarkan alasan tak berani ambil resiko

Saya punya kenangan begini”

Suatu ketika
sahabat Saya memanggil
di selasar Sekolah

“Pak Dedi, Saya baru saja dapat copy edaran beasiswa S2 ITB”, katanya berbinar
“Peluang hebat itu, ambil aja Pak”, jawab Saya,
“Sayang Pak, jadwalnya penerimaan berkas dah lewat dua hari yang lalu”, dia memelas,
“Segera Anda berangkat ke Dikmenjur, katakan yang terjadi minta perpanjangan waktu untuk masukkan berkas Anda”, saran Saya padanya.

Keesokan harinya dia jumpai Saya seraya berkata;
“Saya boleh memasukkan berkas besok, tapi sertifikat TOEFL-nya Saya belum punya”, dengan nada lirih
“Lengkapi semua persyaratan yang bisa dipenuhi hingga hari ini, kecuali TOEFL. Lalu, jangan terlewat besok harus sampai ke Senayan”, kembali Saya menyemangati.
“Tapi nanti kalo di tes TOEFL saya kecil deh kaya’nya”, dia pesimis
“Jalani dulu Pak, kebanyakan mahasiswa S2 itu memang jadi masalah, yg penting berkas Anda masuk”, beliau berlalu siapkan bermacam berkas.

Kabar gembira Saya terima darinya keesokkan hari,
“Saya bisa langsung tes ke Bandung Pak Dedi”, dengan nada riang
“Selamat, itu langkah awal yang baik, Persiapkan diri Anda terutama kesehatan”, sambil ingatkan agar tak terlambat tiba dilokasi tes.

Sekian tahun tak jumpa, kini sahabat Saya itu telah bertambah panjang namanya dan bertambah kesibukkan bekerja di beberapa tempat yang membutuhkan kualifikasi S2.

Selamat pagi Pembaca, peluang apa yang Anda dapat hari ini?

About Dedi Dwitagama

Working as Teacher at Vocational High School 50 Jakarta (SMK Negeri 50 Jakarta Timur), Trainer and Motivator on Drug Abuse, Leadership & HIV-AIDS Prevention, Education, ICT, Leadership, Character Building, Public Speaking also as photografer. Please visit; http://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com and http://dedidwitagama.wordpress.com
This entry was posted in Pendidikan, Tendik and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Menyikapi peluang, DETIK YANG BERARTI

  1. kusdiyono says:

    Terima kasih Pak Dedi atas kontribusi tulisan yang kedua. Saya juga punya pengalaman serupa, 3 tahun yang lalu untuk berangkat ke Jepang…sayang saya gagal di tes kedua, yaitu tes tertulis bahasa Inggris…

Leave a Reply

