Jumat Bersih di 38

Dalam rangka membiasakan siswa yang beragama Islam  untuk mengenal, memahami Al Qur’an setiap pagi selama 15 menit dilakukan tadarus Al Qur’an yang dipimpin oleh para guru yang mengajar jam pertama. Sedangkan bagi siswa non muslim dibimbing oleh para guru yang non muslim juga. Di SMKN 38 dibimbing oleh Ibu Berliana. Ibu Dientje, Ibu Tapitta dan Ibu Yohana. Dengan tadarus siswa diwajibkan membawa Al Qur;an setiap hari.  Artinya di tas mereka setiap hari ada AL Qur’an, seandainya mereka akan tawuran, berbuat yang tidak benar diharapkan mereka berpikir ulang. Kegiatan ini dilakukan mulai Agustus  2008, dimulai dengan menghafal surat Al Baqarah 255 – 257, yang puncaknya dilombakan dalam peringatan Isra’ Mi’raj. Saat ini sedang menghafal surat AL Baqarah 283 – 288.

Setiap hari Jumat siswa melakukan kegiatan Jumat bersih dan olahraga jalan santai, setelah diawali dengan tadarus. Sebagian siswa bekerja bakti membersihkan kelas dan lingkungan sekolah, serta dalam rangka PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Sebagian siswa lagi jalan santai menyusuri Jl. Kebon Sirih – Jl.Sabang – Bundaran Indosat – Jl.Budi Kemulian – Jl.Abdul  Muis – kembali ke sekolah. Rute ini akan diubah jika siswa sudah mulai bosan. Para guru juga mengikuti kedua kegiatan tersebut.

Setelah para siswa yang jalan santai kembali ke sekolah, dilakukan pembagian menu “bubur kacang hijau” yang telah disiapkan oleh para ibu guru (program perbaikan gizi).

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in Mau Baca..silahkan klik and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

43 Responses to Jumat Bersih di 38

  1. nurhasnah says:

    Alhamdulillah, akhrnya pr guru 38 brhsl mwjdkn niatnya unt brbg. Memang semntr ini kt brbg dg ananda di sekolah, lain wkt kt dpt brbg dlm jangkauan lbh luas lg. Sukses, ya dan terima ksh untk kt semua untk pekrjn keroyokn ini. Selamat, bpibu gr, Allah akn meluaskn prhatian dn ksh syngNya unt kt, unt 38 yg smg diridloiNya. Amin.

  2. shealla o'ok says:

    haii..haii..
    pak..sekali-sekali makanan jum’at ganti donk pak..
    jangan kacang ijo terus..
    bosen pak saya makannnya
    bisa-bisa rambut saya keluar kecambah pak..
    hehehehehe (:
    kidding pak

  3. rosalina says:

    Pak,kalau bisa makanan hari jum’atnya jangan bubur kacang ijo tyus dunk…………

    Susu sama roti ke…………….!!!!!!!!!
    hEHEHE………………

  4. ismi says:

    betulll pak.
    saya setuju sama sela..
    klo bisa jum’at ini menu’a d ganti..
    yang laen gt keqq pak..
    heheheh

  5. fajrul riskam says:

    pa……

    pa…..

    pa…..

    kurang banyak tulisannya……..

  6. camay aveiro says:

    saiia saLut sama Bpk

    SMK N 38 jadi Lebih EXIS karna bapak selalu
    memuat berita-berita tentang SMK.N 38
    di internet

    cayoo SMK.N 38
    ^_^

  7. santi says:

    gmn giji nya mo ningkat pak…
    makanan nya bubur kacang ibu truz…
    sekali-kali ganti dunk pak…

  8. indah says:

    haiii….haiii…

    pak…..mknan hr jum’at gnti dooong!!!!!!

    bosen tau kacang ijo mulu…..

  9. annisa anoti says:

    kerja bakti???

    ya… gak papa,-

    tp lebih suka jalan santai, menghirup udara segar,

    di dlm kelas suka sumpek,-

    hehehehe n_n

  10. ZanNe says:

    saya Maony Klu hBis beRSIH” ad hidangan prasmananNy heeeehehehe……??? kidding

  11. iqbal.handsome says:

    hello pak kus ?saya ada saran bgai mana klau saat da pemeriksaan rambut dll pak kus jangan di kasihani yg gondrong …. and priksa dari ujung kaki ampe ujung kepala…

    okey…

  12. sHEnny ???? says:

    kerja Baktiiiiiii ????
    eNjoy jhA …
    AsaL ADA wKTU Wat isTirahat and maKAN …
    KAn KEBERsihan sEbaGian Dari IMAN !!!!
    jdi SEKOLAH kita Lebih BerSih ????

    _mAJU tERUS 38_

  13. sendi andriyat says:

    sekali-kali makanan jangan kacang ijo terus….
    bubur ajaaah…….

  14. vka sableng says:

    pak sekali2 ganti menu kek’ ..
    saya kan kga makan kacang ijo ..
    seret tau !!!!
    pizza jg blh pak !!!!
    oia atu gy jgn lupa pke minumnya jg ,, dmana2 yang namanya ada makan pasti ada minum …

    okehh*
    vka cruezita salsabila nadya rugoyah papaya srikaya markisa angkasa binti BUAYA ..

  15. Gusfira Ndutz says:

    Pak Kus,,,,

    Kayaknya, Sekolah kita harus lebih giat lagi untuk membersihkan Sekolah kita yang IMUT ini…
    Walaupun skolah kita dekat dengan kali…
    tapi skolahan kita tidak menunjukan,, bahwa sekolah kita itu jorok atau kotor…

    ya kan Pak??????

  16. aprilya indah puji astuty says:

    pak menurut saya nih program itu bagus banget buat warga smk 38 trus buburnya ganti bubur ayam dong!!!!!!!!! n kf kejujurannya masa cuman air putih doang????????

  17. reizanar pratama says:

    pak jumat bersih adalah jumat sangat bersih dan menjadikan smk38 yang asri
    1. makanan ganti donk dan yang buanyak.

  18. fajrina says:

    emm ,
    blhh ksh sran kan pak’ . . .
    jum’at bsok gnti menu mknan ny dooong pak’ n jaln santai ny jgn lwt jaln situ” mulu kan bosen pak’ . . .
    he he he . . .
    udh deeh pak’ sgtuh ajh . .🙂

  19. enyak nii * says:

    all teacher *

    pak ,, tyap minggu ganti menu dunt !!!!

    klo gga , bu2r kcg ijo+soft drinkna iiah ……

    hhe *

  20. ndaucull says:

    pa kuss .. jum at kotor kagag ad ??

    capee bersiin mulu !!
    hahahaha x)
    ouhh yuwh jumat bsk ganti menu pa !!
    bubur ketann item kee*

  21. m,s.saputera says:

    pak kalau bisa rambut laki2 jangan terlalu pendek kalau ada yang rambut panjang jgn di omelin donk tar malah tambah dosa ingat neraka di tugu

    ehct jangan marah dulu donk itu kan pendapat

  22. iqbal.handsome says:

    pak ngomong2 jumat bersih …menu porsinya di tambah+rotinya kan jadi ajib.apa lagi di tambah minuman yg berwarna em…em…em ajiiiiiib banget kan.

    okey…

  23. Pingback: BELAJAR SETARA ALIYAH BELAJAR SETARA SLTP BELAJAR SETARA SLTA - Komentar di Jumat Bersih di 38 oleh aprilya indah puji astuty

  24. anita says:

    pak…..bU”r KaCanK iJO nA KuRang BaAaAaAaAnyak
    oW iiiia DanA bwT bIKIN bU”r nA dR MnA cIIIIIIiiiiiii
    Thanks YuUuAaAAAA UdaH PERhATIAN sAMa Nak 38

  25. nindya says:

    pak kus,,,

    boleh kSh sARan kn pak,,
    skali-skali menu mkanan hari jumat,,di gnti dunZ pak..
    jgn kCang Ijo tRz..ok!!
    hhehe,,,

  26. rHaraty says:

    juMa’t bERsihhhhhhhhhhhhhhhhhh………

    iiia 9HeetU DEcccch? ? ?

    ISA d’BLan9 nak jGA K’9atan na,,,,,,,,,,,,,,

    Ud 9HEETU dPT mkanan ………..

    jmat bRsihhhhhhhhhhhh…….

    JALan trUZZZZZZZZZZZ DAcCH

  27. oktafiani says:

    pak. . . .

    bubuy na gnti” dunk, hehe

    bersih” na biz plg skul azz jd kan bsa lgsg plg. . . . ..

    law pagi” biz bersih” cuapeeeeeeeeeeeeeeee. . . . . . . . .

  28. anindita says:

    makasih ya SMK N 38 dah baik banget ma siswana . .
    jarang” Loh da skuLL yang mo kasih buBur kacang ijo , ,

    py, kLo bisa mEnu na digNti jgn kaCang ijo muLu
    khan aNak” pda bosEn . .

  29. ferridah hasan says:

    ao pak kus_d ……

    jmat brsh biez blk skul aj dech ….

    soal-a beiz brsh2 nak2 ska pd mles bljr cuz cuapee bgeed ….

    en klo bisa niie ,, mknan-a gnti jgn kcng ijo mulu kan bosen … hHe …

  30. novita zelvia says:

    mnuRuT saYa jaLaN-JalaN bErsaMa
    hAri jUmaT TuCh baGus bgT ‘ BIaR
    Ga bOrinG d-SeKoLh TeRuzZ …
    JangAn kCang iJo TruZz pKe
    sNaCk KeCil doNkk….

  31. eka permana says:

    Assalamualaikum wr. wb

    sebelumnya sya mw blang makasih nh pak am guru”
    atas bu”r kacang ijo ny..

    truz komment saiia ::
    rute jln santai ny di ubh donkz..
    kan bosen klo tiap jum’at ke situ” aj..
    orang_orang yg ngliht ank”
    kaos olhrga biru jga psti bosen paakk..

    hehhee6>>

  32. kania says:

    salut….banget…bwt SMK 38
    yg sampe sgitunya peduli ma keadaan murid2nya…

  33. aguZzZtInNNa............. says:

    juMaDD BerSIhh?No pRoBlem Pa Lgi DikasIh Makanan Gratizzzzz….. SayA dAn orang tua saya sangat berterimakasih banget sama guru2 yang udah rela bangun pagi2 cma unk bikin bubuy nA..apa gy TaK dipuNgD bAyaran……….

    Py SakAli2 Diganti Dunk Pak Mennu nya..
    TruS kLu bisa,, Saya Request Lagu
    THE CHANGCUTERS untk JumaD nni ya pak

  34. kusdiyono says:

    Menu di Jumat bersih nanti akan diubah, mellihat sikon (apalagi musin ujan serta iuran sukarela dari para guru dan tu)…OK Semua ???

  35. inDrie says:

    Pak Menu kacang ijo nya jangan diganti.
    kalau diadain variasi menu gpp.
    tapi jangan ditiadakan..
    mapH blog saya selama ini Vacuum.

  36. sadam says:

    pak kus, ruangan serbaguna capetan dong pakein AC. BIAR ADEM KAYA RUANG GURU!
    kan kalo pake AC, belajarnye adem jadinye anak2 pada betah masuk sekolah/kelas!

  37. suci laras putri says:

    Cayoooooooo pak kus untuk juMat Bersh……………..
    byar 38 lebih KinClonG (^^)

    gnti dung pak MeNu Jumat’y bubur Ketan item aja>>>.

  38. fajli_kacrut says:

    yaaampun saya blum cobain bubur nya rasanya kya gmana??????

    tpi saya suka di skl kta agak sedikit debu

  39. firman says:

    pak kus…….
    di kelas ko panas ya..?
    enaknya pake apa ya..?
    ya AC lah..!
    di tunggu kedatanganya y..

  40. aphacilujuliana says:

    bwat menu hari Jum’at,,,,,

    porsi nya d perbanyak dunt……

    kLu sedikit porsinya tak kenyang……

    rasanya tak menendang di perut ini!!!!!!!!!!!!

    N beli kanebo baru,,,, biar tak pake koran Lagi,,,,

    aLLnya suka nyampah,,,,,,,

    he,,he,,he,,

  41. vicka cakep says:

    ya lumayan enak dgn menu jum’at kmrn ..
    drpd kacang ijo trus !!!
    hhu*
    tp porsinya dikit bngt ..

  42. heldha says:

    thainkz bgt iia cma guru* the 38
    iank dch pduli cma kbrsihan the 38 . . .

  43. Pingback: PENDIDIKAN SETINGKAT MADRASAH - Daftar Situs PTN di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s