Enggrang dan Rokok

enggrang-n-rokokIni permainan tradisional yang hampir di semua daerah Indonesia ada. Dibuat dari 2 buah bambu yang cukup tinggi, sampai 2-3 meter. Sekarang sudah sangat jarang yang memainkannya. Dahulu dilombakan. Tapi…jika yang main adalah seorang penggemar sepeda ontel lengkap dengan atribut pejuang tempo dulu, ditambah sebatang rokok di mulutnya ????

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Enggrang dan Rokok

  1. Anis.Nur'aini says:

    permainan enggrang merupakan permainan yang sangat sulit,menurut saya.

  2. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

  3. Manusia sbg makhluk yg berbudaya dlm kehidupan sehari-hari melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas tsb merupakan refleksi dr kebutuhan manusia utk berhubungan dgn sesamanya, dgn alam, & dgn Tuhan. Kebutuhan yg diperlukan manusia selain kebutuhan fisik, jg non fisik yg menyangkut rasa keindahan, rekreasi, bermain, pembinaan mental, dll. Olh krn adanya kebutuhan itu, masyarakat mewujudkannya dlm berbagai aktivitas budaya yg akhirnya menjadi milik bersama.
    Salah satu bentuk aktivitas yg dilakukan masyarakat adlh permainan rakyat. Adanya aktivitas ini utk memenuhi kebutuhn akn pembinaan jasmani & sikap mental. Adapn munculnya permainan rakyat bermula dr usaha manusia utk mengisi waktu luang, yg kemudian berkembang mjd alat utk membina ketrampilan & sikap dlm bergaul yg lebih luas. Permainan rakyat hidup & berkembang dlm masyarakat secara turun temurun & bentuknya relatif tdk berubah serta dirasakan sebagai milik bersama.

    Sayangnya anak-anak zaman sekarang sudah banyak yg lupa dan bahkan tidak tahu, karena arus globalisasi dan modernisasi…pemerintah sangat diperlukan peranannya. Jangan sampai kemudian dipatenkan oleh negara tetangga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s