Pelatihan Pemadaman Api

Hari Senin 10 Nopember 2008 bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan SMK Negeri 38 Jakarta kedatangan tamu dari Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat. Mereka sudah seminggu sebelumnya konfirmasi ke sekolah untuk mengadakan kegiatan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran bagi Siswa.

Acara dimulai pukul 09.00 dengan Pembukaan dari Ibu Nurhasnah selaku Kepala Sekolah serta dari Sudin yang diwakili oleh Kasi Bencana Sudin Pemadam Kebakaran. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dari para petugas pemadam kebakaran tentang teori dasar api,peralatan pemadaman kebakaran (tradisional dan modern), factor-faktor terjadinya kebakaran, usaha-usaha pencegahan dan penanggulangan kebakaran dan perawatan kompor serta peralatan listrik dengan benar.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 siswa kelas X dan XI serta 10 orang guru. Pukul 11.00 s.d. 12.30 diadakan demontrasi pemadaman api, baik secara tradisional maupun modern oleh peserta pelatihan. Acara diakhiri dengan foto bersama dan makan siang bersama. Terima kasih kepada Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat.

Advertisements

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Pelatihan Pemadaman Api

  1. santi nurcahyani says:

    pak.
    sering-sering ya ngadain acara kaya gini,
    selain wat ngelatih keberanian,,,bermanfaat juga …
    jangan lupa ajak-ajak lagi
    he…he…

  2. rosalina says:

    pak,,,
    sering-sering ja adain pengembangan diri yang bersifat sosial kaya gini…

    kita kan jadi bertambah pengalaman & pengetahuan pak,,

    kalau ada pengembangan seperti ini lagi,,,
    inget-inget sama saya ya pak…
    hehehe…………………..

  3. agusampurno says:

    Setuju Pak Dion,
    Setelah itu dilanjutkan dengan latihan evakuasi.
    Seberapa cepat semua warga di sekolah anda bisa mencapai tempat yang aman dan jauh dari gedung sekolah.
    Bravo Pak Dion..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s