06.30 dan guru

Mulai 5 Januari 2009 sekolah di DKI Jakarta masuk jam 06.30 WIB. Alasan yang dikemukakan antara lain :

  1. mengurangi kemacetan
  2. siswa agar tidak tidur larut malam (sebab harus bangun pagi)
  3. udara pagi masih segar, bagus untuk kesehatan
  4. siswa di luar DKI ke depan agar bersekolah di daerah sendiri, jika tidak sanggup datang pagi
  5. siswa diharapkan ke depan bersekolah di dekat rumah tinggalnya (kalo diterima)
  6. dsb

guruBerbagai macam alasan tersebut menjadi dasar untuk pemberlakuan jam sekolah 06.30. Namun ada satu yang saya harapkan ke depan, jika program ini dianggap berhasil. Para guru tempat tinggalnya masih  banyak yang di luar DKI, atau kalaupun di DKI jauh dari tempat ia mengajar. Sehingga para guru banyak yang buru-buru ke sekolah, pulangnya juga demikian. Kadang tidak sedikit yang terlambat.

Pemda DKI Jakarta mudah-mudahan ke depan bisa menempatkan, mengatur dan memindahkan guru sesuai dengan tempat tinggalnya. Ini tentu bukan pekerjaan yang mudah, memerlukan proses dan seleksi yang ketat dan panjang. Tapi untuk kemajuan pendidikan di DKI Jakarta, apa salahnya dicoba ???

 

Advertisements

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to 06.30 dan guru

  1. jli alone says:

    heeeeee alasanya fajli banget duh nti bisa ga ya dtng jm 06 30 heeeeeeee

    iya…jd ntar ke depan menuju “rayonisasi” (ngerti ora Son..??)

  2. andri wira says:

    Saya setuju ja masuk jam skul 06.30
    tp,pulangnya agak cepat dunk jgn jam 14.00
    kalau bisa jam 13.00
    gitu pak
    thx

  3. sella octaviani says:

    setuju, lagi pula d’jalan gak macet kalau pagi, tapi abang-abangnya suka lama jalannya,jadi kadang suka terlambat

  4. Hosi.aaw says:

    yaa setuju-setuju aja…
    karena kita dapat terhindar dari kemacetan sekaligus dapat menghirup udara segar.
    ya klo perlu sih pulangnya agak sedikit cepat…..

  5. dessy ratna says:

    sya sieh stuju2 aj masuk jam 06.30,tp wlaupn msuk jam sgitu ttep aj kena macet!
    yang terpenting sieh plgny di cptin pak!!!
    yah min jam 1anlah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s