(Sedikit) ttg PTK

Saat ini untuk meningkatkan kenaikan golongan guru wajib membuat penelitian sederhana, khususnya dalam kualitas pembelajaran. Pada dasarnya ada beragan penelitian yang dapat dilakukan mulai penelitian deskriptif, penelitian eksperimen dan penelitian tindakan. Dari namanya dapat ditebak bahwa penelitian tindakan terdapat kata tindakan, artinya dalam hal ini guru melakukan sesuatu. Arah dan tujuan penelitian tindakan yang dilakukan guru sudah jelas, yaitu demi kepentingan peserta didik dalam memperoleh hasil belajar yang memuaskan, jadi bukan untuk kepentingan guru (Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, 2007, hal. 2).

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) istilah dalam bahasa Inggrisnya adalah Classroom Action Research (CAR), yaitu sebuah penelitian yang dilakukan di kelas. Yang dimaksud kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama, menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula. Kelas bukan wujud ruangan, tetapi sekelompok peserta didik yang sedang belajar, jadi bisa lapangan, laboratorium, perpustakaan atau tempat kunjungan.

Prinsip PTK menurut Suharsimi Arikunto adalah :

  1. Kegiatan Nyata dalam situasi rutin
  2. Adanya kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
  3. SWOT sebagai dasar berpikir (SWOT=Strenght, Weaknesses, Opportunity,Threat).
  4. Upaya empiris dan sistematik
  5. Mengikuti prinsip SMART dalam Perencanaan. (SMART = Specific, Managable, Acceptable/Achievable, Realistic, Time-outbond)

Agar perlu diperhatikan pula agar guru dan siswa puas dengan hasil penelitian, maka metode pembelajaran yang dilakukan sbb:

  1. Bukan seperti biasanya, (khusus, unik, cemerlang)
  2. Terpusat pada proses, bukan semata-mata hasil.
Advertisements

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to (Sedikit) ttg PTK

  1. ikuti kontes saya juga yaaa

    Insya Allah

  2. yadi says:

    yg ikut lomba bugiakso aku add link, please add link ke blog aku ya mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s