Pileg (Pemilu legislatif) yg melelahkan…

imagesPemilu di Indonesia sudah dilaksanakan sebanyak 10 kali. Dimulai pemilu pertama tahun 1955, lalu 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997, 1999, 2004 dan 2009. Pemilu 1992 untuk pertama kalinya aku menyalurkan hak politikku. Pemilu 1997, aku memilih untuk tidak menggunakan hakku alias golput. Namun pada pemilu 1999, 2004 dan 2009 (plus Pilkada Gubernur) aku mulai dilibatkan dalam KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). Dari 4 Pemilu (termasuk Pilkada), tahun ini yang paling melelahkan, paling memusingkan dan paling unik. Melelahkan karena jam 06.00 KPPS dan kumpul dan baru selesai menghitung suara jam 22.00 alias jam 10 malam, setelah itu kami harus menyelesaikan semua berita acara sampai jam 24.00, lalu sampai PPK (Kecamatan) untuk menghantarkan kembali kotak suara jam 01.00 dinihari. Di PPK Jatinegara suasana seperti pasar malam, hanya tidak ada yg jualan, yg ada hanyalah polisi, pamsung dan panitia (KPPS, PPS dan PPK). Antrian mobil yang akan mengantarkan kotak suara, membuat macet jalan Panti Asuhan di Cipinang Cempedak. Semua sibuk dengan tanggung jawab masing-masing. Akhirnya jam 02.00 baru selesai menyetorkan kotak suara. Pemilu dan pilkada sebelumnya gak pernah seperti ini. Memusingkan, dari mulai DPT bermasalah, kertas suara yang sempat tertukar, kertas suara yg 2 lmebar (DPRD), penghitungan suara dan penyusunan berita acara. Semua berbeda dengan tahun 1999, 2004 dan Pilkada. KPU tahun ini paling berantakan kinerjanya menurut saya selaku KPPS. Unik, karena baru tahun ini saksi dari parpol ikut terlibat dalam perhitungan suara (alias jadi KPPS), mulai dari menghitung jumlah suara, melipat, merapikan, dsb. Pemilu sebelumnya belum pernah terjadi, saksi hanya duduk manis, melihat dan menegur jika ada proses yg keliru. Thank’s berat utk para saksi dari Golkar, PDI-P, PKS dan Demokrat. Semoga amal anda semua dapat diterima Allah SWT. Akhirnya proses terakhir adalah membongkar dan merapikan kembali tenda yang telah digunakan untuk pemungutan suara (Jumat malam baru kami lakukan). Semoga Pilpres di bulan Juli berjalan lancar, DPT tak bermasalah lagi, kertas suara tak tertukar lagi dan semoga semua pihak dapat menerima dengan lapang hasil akhir dari KPU nanti tanggal 9 Mei 2009….(capek kalo harus mengulang..)

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in Politik and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pileg (Pemilu legislatif) yg melelahkan…

  1. Tragis jika PKS betul2 berkoalisi dengan SBY bahlul si pelindung bisnis kafir, saatnya PKS merapat ke partai2 Islam lainnya yang telah mereka gembosi suaranya dan berjuang bersama mereka dan jangan biarkan sebagian umat Islam jadi membenci PKS, demi untuk kemshalahatan umat. INSYA ALLAH!

    Buktikan bahwa dana umat yang telah disedot untuk iklan politik PKS memang benar2 untuk kepentingan umat Islam, bukan kepentingan petinggi PKS saja, buktikan hijaumu PKS!
    Jangan biarkan dirimu dianggap sebagai partai pragmatis dan oportunis, itu memalukan!

    Buat para kader, saatnya kita mawas diri dan berkaca kembali akan manuver2 petinggi PKS yang haus kekuasaan saat ini, mari kembali melayani masyarakat dalam tatanan bermasayarakat yang lebih Islami, daripada sekedar tercuci otak dan terjebak dalam permainan partai!
    Tujuan kita awalnya mendukung PKS adalah untuk mengagungkan Islam, bukan untuk kepentingan kekuasaan para petinggi partai, dan sayangnya banyak kader yang tidak menyadarinya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s