Mengatasi Mata Lelah…

Sebuah tulisan yang saya ambil dari http://www.insankamil.com , mudah-mudahan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

TEKNOLOGI memberikan kemudahan bagi siapa saja. Namun, hati-hati jika Anda sudah sangat tergantung misalnya penggunaan komputer atau laptop tanpa henti.

Artinya, dari sisi kesehatan terutama mata sangat berisiko kelelahan hingga menyebabkan urat dan sarafnya terlalu tegang. Mata yang mengalami kelelahan bisa menjadi berwarna kemerahan, mengeluarkan air mata dan terasa gatal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu banyak menggunakan komputer, menonton televisi dan banyak bermain game. Walaupun tidak menular ke orang lain, gangguan mata tersebut cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk menyembuhkan gejala kelelahan pada mata tersebut ada beberapa cara yang disarankan, yaitu dengan menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas sebagai air mata buatan yang mampu melembapkan serta menenangkan mata. Tindakan lain yang juga bisa dilakukan terhadap mata yang lelah adalah dengan mengompres mata dengan kain basah, meminum antihistamine atau memberikan obat tetes mata khusus yang diberikan oleh dokter.

“Selama gangguan kelelahan mata terjadi jangan gunakan lensa kontak, namun gunakan kacamata sebagai penggantinya. Jika gejala kelelahan mata tetap terjadi segeralah hubungi dokter,” kata dokter spesialis Mata Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), dr Irawan Hasibuan, SpM.

Tercatat pada pengguna komputer, indikasi kelelahan mata ditandai dengan mata pedas, merah, penglihatan buram, sakit kepala, nyeri pada leher dan bahu. Jika diperiksakan ke dokter mata, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan meliputi, pemeriksaan tajam penglihatan, pergerakan bola mata dan tes buta warna.

“Biasanya dokter juga akan menyarankan kepada pasiennya untuk menggunakan komputer, menonton televisi dengan cara yang benar dan sehat,” kata dokter lulusan Universitas Indonesia (UI) tersebut.

Kelelahan mata menurutnya bisa terjadi pada siapa saja yang banyak berhubungan dengan benda-benda elektronik seperti televisi dan komputer. “Jika penderitanya anak-anak, biasanya disebabkan oleh terlalu banyak menonton televisi atau terlalu banyak bermain game. Sementara pada orang dewasa, biasanya karena terlalu banyak menggunakan komputer,” terang dia lagi.

Untuk mengantisipasi agar mata tidak mengalami kelelahan, disarankan agar setelah menggunakan komputer selama 15 menit segera mengistirahatkan mata dengan cara mengalihkan penglihatan kepada tumbuhan-tumbuhan hijau. “Kalau tidak ada tanaman hijau di dekat situ, alihkan penglihatan ketempat yang jauh. Ini untuk mengistirahatkan mata sejenak,” katanya lagi.Selain itu, keluhan lainnya yang terjadi pada penderita kelelahan mata yakni penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.

Gangguan kesehatan mata yang diakibatkan oleh pemakaian komputer lainnya yakni repentative stress atau strain injury. Strain injury adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, tangan dan leher karena otot-otot yang harus bekerja cepat dan berulang.

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in ICT and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Mengatasi Mata Lelah…

  1. agung says:

    info yg bagus…
    pengobatannya bagaimana????
    obat apa yg bisa mengatasi kelelahan mata tanpa harus ke klinik or spesialis mata???

  2. kusdiyono says:

    obat tetes mata biasa saja…atau daun sirih ambil beberapa lembar, lalu cuci/bersihkan, setelah itu rendam dgn air panas, setelah airnya hangat rendam mata kita dalam air rendaman daun sirih tadi (klo ada luka perih rasanya)

  3. joe says:

    mkch ya atas artikelnya!!!!

  4. dealer pulsa says:

    tuntutan kerja, membuat aku harus berhadapan komputer terus. thanks ya atas uraianyya

  5. irwan says:

    saya mengalami persis apa yang dokter ulas d atas. Tp bagaimana pengobatanya? Obat tetes mata apa yg cocok buat saya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s