Mobil SMK

Mobil Kiat SMK adalah mobil yang sangat fenomenal. Bodinya tampak gagah dan cukup trendi. Pengerjaan apik, tak kalah dengan mobil Jepang dan Eropa. Kabin cukup lega untuk menampung satu keluarga.

Mobil Kiat SMK dikembangkan dengan menggunakan kecerdasan dan ketrampilan. Anak-anak SMK didorong oleh keinginan luhur untuk mengasah kemampuan sendiri. Asli mobil SMK bukan mobil nasional, saya lebih bangga kalo menyebut mobil ini dengan nama Kiat SMK, tanpa embel-embel mobnas.

SMK sampai saat ini masih diberi stigma sebagai sekolah yang inferior dibandingkan dengan SMA Umum. Yang masuk ke SMK dianggap memiliki masa depan yang suram alias madesu. Padahal, kalau dari sudut pandang filsafat pendidikan (ehm..ehm..), SMK merupakan sekolah yang mencakup domain yang paripurna. Tiga domain diperkenalkan secara simultan, yakni afektif, kognitif dan psikomotor.

Dilain pihak SMA merupakan pendidikan yang pincang, karena hanya bertumpu pada dua domain saja, yakni afektif dan kognitif saja. Jadi secara teori, SMK mestinya merupakan sekolah yang paling unggul.

Coba kita bayangkan, kalau di seluruh Indonesia ada seribu SMK (negeri dan swasta) yang mampu memproduksi mobil setiap bulan masing-masing 10 unit. Dalam satu tahun dapat diproduksi 120 ribu unit…Subhanallah…Tanpa kita sadari bangsa kita sudah memiliki “pabrik” mobil / motor. Dan bagi SMK (siswa) ini merupakan pekerjaan yang “enteng”, karena hanya memproduksi satu unit setiap 3 hari. Dengan cara yang sama, kita bisa menghasilkan LCD Proyektor, Laptop/netbook, telepon, Ipad, de el el.

Yang diperlukan SMK adalah kebijakan yang mensupport SMK dari pemerintah, baik regulasi/peraturan atau pun pengusaha yang mau untuk berinventasi. Mudah – mudahan…Insya Allah…SMK Bisa !!!

Disalin dari Harian Republika Senin, 9 Januari 2012 , Analisis

 

 

Advertisements

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in Pendidikan, teknologi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Mobil SMK

  1. Medi says:

    Dari lembaga pendidikan ini juga sudah banyak melahirkan entrepreuneur2 muda. Majulah indonesiaku.

  2. ERWIN says:

    YANG SAYA MAU TX , sperepart nya tersedia dimana, seberapa bajed, dan apa saya bisa pesan mobil ntu sesuai dg karakter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s