Jenis – Jenis Telepon

Telepon berdasarkan jaringannya setidaknya dikelompokkkan menjadi 3 , yaitu telepon kabel, seluar, dan telepon internet.

1. Telepon Kabel

Sebagian orang masih mengenal Alexander Graham Bell (1847 – 1922) sebagai penemu telepon asal AS. Padahal sejak kongres AS pada 2002 ada ralat bahwa penemu telepon sesungguhnya adalah Antonio Santi Guisppe Meucci, atau kerap disebut Antonio Meucci.

Berdasarkan catatan sejarah Antonio menemukan sound telegrap , yaitu peralatan komunikasi dalam bentuk suara di antara dua orang menggunakan perantara kabel tahun 1871. Terlepas dari perdebatan siapa penemu telepon, singkatnya pada tahun 1971 perusahaan telekomunikasi diizinkan mengembangkan system komunikasi untuk kepentingan bisnis. Hasilnya, berjuta – juta saluran telepon kabel digunakan masyarakat.

2. Telepon Selular

Telepon selular (ponsel) diawali pada tahun 1973, ketika Martin Cooper dari Morola Corp, “menemukan” telepon genggam dengan berat 800 gram ( 1 kg kurang 200 gram). Berat ponsel itu karena ukuran baterai yang besar untuk keperluan tenaga. Kini ponsel jauh lebih ramping dan tipis. Teknologi yang digunakan sudah memasuki generasi keempat (4G). Teknologi yang menawarkan pendekatan yang menggabungkan teknologi nirkabel, wireless, LAN, Bluetooth, dll.

3. Telepon IP

Telepon IP (Internet Protocol) dikembangkan VocalTec sejak 1995. VocalTec merintis pasar telepon IP dengan suatu perangkat lunak (software) untuk menghubungkan koneksi suara di antara dua computer melalui jaringan internet. Syarat dasar penggunaan telepon jenis ini adalah computer yang terhubung ke internet dengan piranti lunak khusus. Salah satu piranti lunak yang terkenal adalah Skype.

Diolah dari : Koran Jakarta, Minggu 6 Mei 2012

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in ICT and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Jenis – Jenis Telepon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s