Batal

Sabtu, 21 Juli 2012 aku mendapatkan undangan diklat dasar PKn SMK dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) PKn dan IPS, Kota Batu – Malang – Jawa Timur. Betapa senangnya, hal yang sudah lama dinanti akhirnya datang juga. Setelah 6 bulan sebelumnya dilakukan tes pemetaan untuk menentukan siapa yang akan dipanggil diklat. Ku membayangkan akan bertemu teman – teman guru PKn dari SMK lain se-Indonesia. Aku ingin menimba ilmu bagaimana, seperti apa cara pembelajaran PKn SMK di Kab/Kota lain (provinsi lain di Indonesia). Bagaimana Penelitian Tindakan Kelas yang disusun untuk kemajuan pembelajaran PKn SMK, de el el.

Senin, 23 Juli 2012 aku lapor ke atasan, Ibu Aziza namanya sekaligus meminta izin beliau. Alhamdulillah diizinkan dan tidak keberatan. Lalu segera ku pesan tiket pesawat untuk keberangkatan 25 Juli 2012 dan kepulangan 7 Agustus 2012. Selesai mengajar, aku meluncur ke Sudin Dikmen Jakarta Pusat untuk melaporkan panggilan dari P4TK tersebut. Begitu bertemu Kasi Tendik di Sudin, kuserahkan surat panggilan tersebut ke beliau.Tapi jawaban yang diberikan diluar perkiraan, yaitu tidak diizinkan dan tidak akan mengeluarkan surat tugas. Alasannya karena di saat yang sama akan dilaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) online, yang temapt dan waktunya sudah ditentukan Direktorat.

Selasa, 24 Juli 2012 aku lapor kembali ke atasan, menceritakan hasilnya…Ku mencoba meyakinkan diriku, bahwa ini mungkin yang terbaik dari Allah SWT. Ku mencoba menyakinkan diriku, bahwa Allah tidak pernah keliru dengan ketentuan-Nya.

Advertisements

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in Mau Baca..silahkan klik and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s