Puasa Syawal

Ramadhan telah usai, bulan Syawal sudah masuk hari keempat pada saat tulisan ini dibuat. Rasulullah telah memerintahkan umatnya untuk melakukan puasa sunah selama 6 hari di bulan Syawal. Namanya juga sunah, maka jika dikerjakan akan berpahala, namun jika ditinggalkan tidak akan berdosa. Tapi sebainya kita mengikuti apa yang telah Rasululah perintahkan, karena ternyata ada beberapa hikmah dan manfaat yang bisa kita peroleh selain pahala dari Allah SWT. Beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dengan puasa 6 hari di bulan Syawal adalah :

  1. Kita akan segera melakukan pelunasan terhadap hutang puasa yang kita lakukan di bulan Ramadhan. Karena hutang harus dilunasi terlebih dahulu, artinya kita harus membayar puasa yang kita tinggalkan terlebih dahulu di bulan Ramadhan, baru kemudian kita melakukan puasa sunah 6 hari bulan Syawal. Dengan demikian, selepas bulan Syawal kita sudah tidak punya hutang puasa Ramadhan dan kita pun memperoleh puasa sunah di bulan Syawal.
  2. Setelah sebulan berpuasa, perut kita sudah terbiasa untuk makan pada saat buka dan sahur. Kalau kemudian kita makan dan minum seperti saat tidak puasa, biasanya kita cenderung tidak teratur pola makan yang kita lakukan. Akibatnya berbagai macam penyakit perut/lambung akan menghampiri kita. Tapi jika kita melakukan puasa 6 hari di bulan Syawal, perut kita masih terlatih untuk menahan lapar, haus, dan nafsu amarah/emosi, dll.
  3. Kita akan terbiasa untuk melakukan puasa Senin – Kamis, atau bahkan puasa Nabi Daud AS., dan mudah – mudahan kita termasuk dalam orang – orang yang “tattaqun” dengan melakukan puasa Ramadhan yang dilanjutkan dengan puasa 6 hari di bulan Syawal.
Advertisements

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in Agama and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Puasa Syawal

  1. Elly Utarie Yuniar says:

    InsyaAllah….dilaksanakan puasa 6 hari di bulan Syawal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s