Bagaimana merawat LCD Proyektor ?

LCD ProyektorLCD Proyektor adalah perangkat alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi, karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar. Dalam menggunakan dan merawat sebuah LCD proyektor tentunya tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan, sebab alat yang satu ini tergolong mudah rusak.
Karena itu, agar LCD proyektor anda awet alias tahan lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan dan perawatannya :

Menggunakan sebuah LCD, agar tidak mudah rusak.

  1. Pastikan kabel power sudah tersambung ke LCD, dan juga kabel VGA/RGB yang ke LCD sudah disambung sebelum kabel power LCD anda sambungkan ke saklar listrik.
  2. Usahakan jangan memindah atau mengangkat LCD saat LCD sedang di gunakan. Karena lampu LCD sangat sensitif dan bisa mengakibatkan lampu LCD anda putus.
  3. Jika arus listrik terputus, mungkin karena listrik padam atau penyebab lainnya, cabutlah kabel power LCD dari saklar listrik. Masukan kembali apabila arus listrik sudah stabil kembali.
  4. Jangan mematikan LCD dengan mencabut kabel power dari saklar listrik atau jangan langsung menekan off di saklar yang tercolok ke listrik. Hal diibaratkan seperti mesin motor/mobil yang melaju kencang, lalu kunci kontak langsung dimatikan. Perlu proses pendinginan. Karena jika langsung dimatikan, akan berdampak pada putusnya lampu proyektor ada yang di dalamnya. Sementara harga satu buah lampu LCD proyektor minimal 2 juta rupiah per lampu.
  5. Apabila sudah mematikan LCD, tunggu sampai lampu indicator berwarna hijau atau kipas pendingan sudah mati, kemudian baru di angkat saat kondisi LCD sudah dingin.


Merawat LCD Proyektor, agar tetap berfungsi dengan baik.

  1. Bersihkan lensa dengan menggunakan lens cleaning paper
  2. Bersihkan bodi proyektor menggunakan kain lembut yang bersih, khusus untuk debu yang membandel gunakan cairan pembersih khusus pada kain lap
  3. Menyimpan proyektor sebaiknya pada tempat yang kering dan tidak terlalu lembab, lebih disarankan disimpan didalam tas aslinya
  4. Membawa proyektor lengkap dengan tasnya ketika dipindahkan ke tempat yang jauh.
  5. Selalu memperhatikan informasi lampu di setting >information lamp time hours untuk mempersiapkan penggantian lampu.
  6. Jika LCD proyektor terpasang permanen, langkah 1 dan 2 dilakukan secara hati – hati dan berkala (minimal sebulan sekali).

Sumber : http://raytkj.blogspot.com/2011/01/cara-merakit-lcd-proyektor.html#ixzz25T5g0YYH

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in ICT and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s