Diklat Pend.Karakter dan Bela Negara

karakterTanggal 3 s.d. 7 Desember 2012 saya mengikuti diklat  pendidikan karakter dan bela negara bagi guru Pembina OSIS SMK di Resimen Induk Kodam Jaya (Rindam Jaya), Condet, Jakarta Timur. Peserta terdiri dari berbagai provinsi antara lain : Sumatera Selatan, Riau, Bangka Belitung, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Penyelenggara Utama kegiatan adalah Direktorat SMK Kemendikbud RI. Namun pelaksanaan diserahkan pada para TNI yang bertugas di Dodik Bela Negara Rindam Jaya.

Ada beberapa catatan yang bisa saya bagi melalui tulisan ini :

  1. Daftar peserta awal berjumlah 290, saat registrasi baru ada 145 orang guru, artinya masih belum hadir sejumlah 145 orang. Lalu panitia mulai menghubungi berbagai SMK terutama di Banten dan DKI Jakarta untuk mengirimkan gurunya. Satu per satu peserta berdatangan, bahkan sampai Rabu malam tanggal 5 Desember 2012 masih ada yang berdatangan. Namun diantara peserta yang datang menyusul ternyata ada yang bukan guru, tapi alumni sekolah tersebut dan berprofesi sebagai pelatih ekskul. Sampai akhirnya terkumpul peserta sebanyak 222 orang, artinya bertambah 77 orang selama 3 hari. Hal ini tentu saja menjadi hal yang kurang nyaman bagi kami yang hadir dari awal.
  2. Materi yang diberikan sebagian besar tidak jauh dari materi mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), bidang studi yang saya ajarkan, tidak ada sesuatu yang baru dan cenderung membosankan dalam cara penyampaian.
  3. Hanya materi fisik dan PBB saja yang saya anggap tambahan sebagai olahraga, karena saya sudah lama sekali tidak berolahraga secara teratur, serta kehidupan ala tentara di Barak.

garudaDemikian tulisan singkat tentang diklat yang saya ikuti. Mudah – mudahan ada perbaikan bagi diklat sejenis di tahun – tahun yang akan datang, serta bermanfaat bagi para pembaca yang akan mengikuti diklat sejenis. Diklat apa yang sudah anda ikuti ??mari berbagi

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in Kewarganegaraan, Pendidikan, Politik and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s