Car Free Night (Sebuah Catatan kecil)

Untuk pertama kalinya Jakarta mengadakan acara yang disebut “Car Free Night” atau  malam tanpa kendaraan bermotor di sepanjang  Jalan Jenderal Sudirman dan MH.Thamrin. Acara yang digagas dan dilaksanakan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Masehi 2013. Tidak tanggung – tanggung 16 panggung di gelar di sepanjang Jl.Jend.Sudirman dan MH.Thamrin. Setiap panggung minimal 60.000 watt daya listrik yang dipersiapkan (info dari kawan yg kebetulan tim instalasi listrik di acara tsb). Dana yang dikeluarkan, infoormasinya didapatkan dari dana sosial perusahaan/BUMN/BUMD yang ada di sepanjang kedua jalan tersebut.

Di Metro TV dikupas berbagai hal positif tentangn kegiatan ini  antara lain : 1. Penghematan BBM sampai 5% dibanding pengeluaran di akhir thn yang lalu, krn massa cenderung berkumpul di sepanjang ke dua jalan. 2. Rakyat menikmati berbagai hiburan gratis, yang selama ini hanya bisa disaksikan di televisi. 3. Penyatuan antara rakyat dengan pemimpinnya. 4. De el el

Namun ada sedikit catatan yang perlu mudah-mudahan bisa menjadi perbaikan untuk di tahun-tahun yang akan datang, yaitu :

  1. Sangat minimnya tempat pembuangan sampah atau kantong-kantong sampah
  2. Fasilitas mobil MCK yang terbatas, termasuk air di dalamnya (bisa koordinasi dengan gedung di sepanjang jalan tsb)
  3. Keamanan dan penerangan, tidak sedikit disaksikan pasangan yang asyik maaf, “rada mesum” di tempat-tempat yang kurang penerangan, termasuk dengan satu jenis (homo/lesbi).
  4. Setiap panggung agar berbeda-beda, misalkan ada yang khusus untuk anak-anak, khusus panggung lagu-lagu tempo dulu, panggung khusus musik dangdut/campursari, pop, rock, keroncong atau bahkan panggung nasyid/marawis/hadrah. Sehingga masyarakat bisa memilih sesuai seleranya, termasuk untuk antisipasi keamanan.
  5. Koordinasi antara EO (Event Organisation) dengan pihak keamanan, panitia dinas dan biro protokol gubernur, sehingga peserta karnaval tidak di bikin bingung dengan rute yang harus ditempuh apalagi dalam kondisi hujan.
  6. Panitia/Dinas Pendidikan mudah-mudahan bisa menganggarkan untuk sekolah dana untuk berpartisipasi sebagai peserta karnaval. Biar bagaimanapun guru dan siswa tentunya sudah memiliki agenda tersendiri, apalagi dalam suasana libur sekolah. Apalagi untuk sekolah-sekolah yang lokasinya jauh dari Balaikota.  Mudah – mudahan…
  7. Ada satu yang boleh percaya, boleh tidak, tapi ini ada di tengah-tengah acara di depan Balaikota DKI, yaitu seseorang yang berusaha untuk mengusir hujan yang sedang berlangsung. Orang tersebut, kata teman-teman adalah “pawang hujan”. Sungguh ironi dalam dunia modern seperti saat ini ternyata ada hal yang dilakukan di luar syariat (Islam). Bahkan sebelum acara digelar, ada sedikit candaan, bahwa sedang terjadi “perang pawang”, yaitu antara yang di TMII (Taman Mini Indonesia Indah), di Ancol dan di Balaikota DKI. Tujuannya sama, yaitu agar saat acara masing-masing berlangsung tidak hujan. Namun,…Allah Maha Berkuasa dan Maha Berkehendak. Maka apa yang terjadi, terjadilah, sesuai dengan kehendak-Nya dan takdir yang telah di atur. Hal ini juga pernah penulis saksikan sendiri di halaman Polda Metro Jaya, saat acara Pelantikan Patroli Keamanan Sekolah (PKS), ada seorang pawang hujan yang sedang berusaha untuk mengusir mendung yang ada di atasnya. Namun, tetap saja gagal….hujan turun dengan derasnya dan acara dipindahkan ke aula yg, tentu saja tidak cukup menampung peserta.

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in Mau Baca..silahkan klik, Pendidikan, Sosial Budaya and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s