Pekerjaan (Sampingan)

Sudah hampir sebulan, lebih tepatnya 3 minggu kudalami pekerjaan sampingan baru. Awalnya pekerjaan ini untuk membantu tetangga, biar ada tambahan penghasilan. Dia sangat antusias, bahkan kuajak ke tempat pemesanan untuk bikin barang yang ada di Tambun, Bekasi, masih tetap semangat.

Namun setelah barang tersebut jadi, kubayar dan kuambil, tetangga tersebut mengemukakan berbagai macam alasan untuk sementara belum bisa. Akhirnya kujalani pekerjaan tersebut sebagai sambilan sepulang sekolah. Mulai jam 17.30 sampai menjelang maghrib. Halal, santai dan bebas korupsi, serta mengatur sendiri atau tidak diatur sama orang.

Pekerjaan baruku tersebut, ternyata melatih diriku untuk lebih sabar, lebih telaten dan perhatian, bahkan harus sangat hati – hati. Hati harus selalu riang mendengarkan iringan musik yang dinyalakan, baik musik/lagu anak – anak, lagu keagamaan, bahkan lagu – lagu perjuangan. Setiap hari, aku jalan – jalan sore yang menghasilkan. Bahkan kadang ditemani anak dan istri. Lumayan untuk satu setengah jam aku bisa dapat penghasilan rata – rata 30 s.d. 40 ribu.

Pembaca yang budiman….pekerjaan sampingan apakah yang sedang saya jalani sekarang ???

Advertisements

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in Mau Baca..silahkan klik, Sosial Budaya and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pekerjaan (Sampingan)

  1. pujiono says:

    Agan kasih tahu dong, barang kali bisa aku contoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s