SIMULASI 2 UNBK

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini sudah memasuki tahun kedua. Pada tahun 2015 UNBK masih dalam tahap uji coba pada sekolah – sekolah tertentu yang dianggap siap dan mampu untuk menyelenggarakannya. Pada tahun ini semua SMK Negeri Jakarta, sekitar 63 SMK Negeri siap menyelengarakan UNBK, termasuk SMK Negeri 38 Jakarta sebagai salah satu SMK Negeri ada di dalamnya.

UNBK 2016Untuk pelaksanaan UNBK yang akan dilakukan pada tanggal 4 s.d 7 April 2016 yang akan dating, Puspendik selaku penyelenggara dan penanggangung jawab program melakukan uji coba atau simulasi UNBK. Simulasi pertama dilakukan pada media pertengahan Desember yang bertujuan untuk mengecek kemampuan awal system yang ada di pusat maupun daerah. Simulasi hanya dilakukan pada satu mata pelajaran saja, yaitu Bahasa Indonesia.

Simulasi kedua dilakukan mulai tanggal 4 s.d. 29 Februari 2016 yang meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Teori Kejuruan (Produktif). Pelaksanaan diserahkan pada sekolah masing – masing , sesuai dengan waktu yang tersedia di sekolah. Yang penting dilakukan pada tanggal tersebut, sebab sekolah sedang disibukkan dengan Ujian Praktik Kejuruan (UTK) atau lebih popular dengan sebutan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK).

Saat bimtek ataupun sharing dengan Bapak Andaru dari Puspendik yang dilakukan di SMKN 1 Jakarta, saya sempat bertanya dan tetap mempertanyakan mengapa saat simulasi 2 UNBK sekolah tidak diberikan hasilnya ? Jawaban beliau simulasi kedua bertujuan sama dengan simulasi pertama , yaitu menguji kemampuan system yang ada , baik di pusat ataupun sekolah.

Bapak Andaru ataupun pihak Puspendik…ini tidak adil, dengan tidak diberikan hasil simulasi kedua UNBK. JIka hasil diberikan, maka akan diperoleh manfaat tambahan, yaitu :

  1. Bagi sekolah memiliki gambaran untuk pemetaan kemampuan anak – anak yang akan ikut UNBK, walaupun soal yang diujikan menggunakan menggunakan soal tahun lalu.
  2. Bagi sekolah untuk membangkitkan motivasi bagi siswa yang nilainya di bawah 55,00
  3. Dengan hasil yang diberikan akan bias disusun langkah dan strategi untuk meningkatkan prestasi / hasil UNBK
  4. Bagi Puspendik, dengan hasil diberikan, lalu motivasi siswa ditingkatkan, maka ada kemungkinan siswa yang memperoleh di atas 55 akan lebih banyak dan dampaknya Ujian Nasional Perbaikan (UNP) tidak akan banyak diikuti oleh banyak siswa.

UNBKTulisan ini hanyalah ungkapan saya sebagai seorang proctor di SMK Negeri 38 yang ingin melihat tingkat kelulusan siswa SMK kelas XII naik signifikan, yang dibuktikan dengan perolehan hasil UNBK yang bias jauh di atas tahun lalu.

Terima kasih untuk anda yang sudah berkenan membacanya

Tulisan yang sama bisa dibaca di http://http://smkn38jakarta.sch.id/html/index.php?id=artikel&kode=42

About Kusdiyono

Guru yang mengajar di SMKN 38 Jakarta mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI (dulu). Tugas tambahan sebagai Wakabid Kesiswaan. Alamat Jl.Kebon Sirih No.98 Jakarta Pusat, telp/fax (021) 3441788/3506191. E-mail : kus_d@yahoo.com , kusdiyono@gmail.com
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to SIMULASI 2 UNBK

  1. Darsiti, M.Pd says:

    Terkirim dari Samsung Mobile.

    ——– Pesan asli ——–Dari: Sharing Tanggal:02/03/2016 10:56 AM (GMT+07:00) Ke: darsitimpd@yahoo.co.id Cc: Subjek: [New post] SIMULASI 2 UNBK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s