Cara Membuat Blog

Berikut ini tulisan cara membuat BLOG yang saya salin/sadur dari web http://SEAMOLEC

MEMBUAT BLOG SEBAGAI MEDIA BELAJAR

Blog… kata ini tentu sudah tidak asing lagi bagi anda yang sering berselancar diinternet. Tahun 1993 sebenarnya blog sudah dimulai, tetapi baru akhir – akhir ini demam blog sudah benar – benar mewabah. Tidak ketinggalan para provider GSM, dengan M3-blog dan Telkomsel yang baru – baru ini merilis mypulau Para provider besar melihat peluang yang besar dengan adanya booming blog yang sangat cepat di Indonesia.
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Blog juga dapat disebutkan sebagai diary online, yang dapat dibuat oleh siapa pun dan isinya kebanyakan pengalaman sehari – hari maupun opini pribadi dari para pemilik blog.

JENIS – JENIS BLOG

Saat ini perkembangan blog tidak hanya terbatas pada tulisan saja, tetapi dalam beragam bentuk, karena seringkali tergantung dari cara penulis mengekspresikan cerita yang dibuat. Bentuk blog dapat bervariasi, tidak hanya pada tulisan, tetapi dapat juga berupa foto bahkan video.

  1. General Blog

Bentuk blog seperti ini yang paling sering dijumpai di dunia maya, yaitu isi blog berupa tulisan, entah itu menceritakan kehidupan sehari – hari, opini pribadi tentang suatu topik, bahkan dijadikan sebagai ajang kampanye guna pengumpulan massa. Penulisnya disebut sebagai blogger.

  1. Photo Blog

Seringkali disebut juga blog foto, merupakan pengembangan dari General Blog. Jadi isi blog tidak melulu terbatas pada teks. Sudah banyak jasa penyediaan free photo blog yang dapat ditemukan di internet.

  1. Audio Blog

Audio blog lebih dikenal dengan nama podcast Blog ini berisi suara, tetapi bukan hanya terbatas pada musik, melainkan termasuk berita ataupun sekedar curhat. Orang yang memiliki audio blog ini disebut podcaster. Karena bersifat audio, maka pemakainya harus kreatif dalam memasukkan file ke audionya.

  1. Mobile Blog

Disebut mobile blog, karena blog tidak hanya dapat dibuat melalui pc, tetapi dapat juga dibuat melalui media ponsel atau PDA. Di Indonesia, mobile blog perlahan – lahan mulai merambah ke para pengguna blog, tetapi kekurangan mobile blog adalah keterbatasan hanya pada ponsel atau PDA jenis tertentu yang bisa digunakan untuk meng-upload data – data kedalam blog

  1. Video Blog

Dengan harga terjangkau, sudah dapat diperoleh handycam, kamera digital bahkan ponsel yang sudah dilengkapi dengan fasilitas video. Sehingga memudahkan orang – orang untuk dapat membuat video sederhana, meskipun dengan durasi pemutaran yang singkat. Hal inilah yang menimbulkan ide kreatif untuk memunculkan blog jenis baru yaitu video blog. Vlog singkatan dari video blog sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000, tetapi keberadaannya belum terlalu populer di Indonesia. Sudah ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas vlog ini.

Advertisements

About Kusdiyono

Pada awalnya saya mengajar dan mengabdi pada SMK Negeri 38 Jakarta. Mata pelajaran yang saya ampu adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan KKPI. Seiring perjalanan waktu, pengabdian saya membuahkan hasil, yakni dengan diangkatnya saya menjadi CPNS dan PNS. Selama di SMK Negeri 38 berbagai tugas tambahan diamanahkan pada saya, antara lain sebagai Kepala Lab Komputer, Kepala Perpustakaan, Pembina OSIS, Waka Kurikulum dan terakhir Waka Kesiswaan, Berbagai macam tugas tambahan tersebut tentu saja tidak diemban secara bersamaan, sangat tidak mungkin. Namun secara rotasi alias bergantian dengan sobat - sobat guru yang lain di 38. Waktu terus berjalan, deru perubahan dunia pendidikan juga demikian, tak terkecuali di SMK Negeri 38 Jakarta. Sayapun merotasi/memutasi diri ke Sekolah baru, tempat baru, yakni SMK Negeri 16 Jakarta, sejak Juli 2016 sampai dengan saat ini. Tidak berbeda dengan di 38, di SMK Negeri 16 saat ini saya diberikan tugas tambahan kembali sebagai Kepala Perpustakaan. Menikmati hidup, tidak "ngoyo", dan berusaha tidak menyakiti siapapun, sebab 1000 teman terlalu sedikit dan satu musuh terlalu dan amat banyak....
This entry was posted in teknologi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s